Bolehkah Parquet Dinding Dicat? Ini Tips Memilih Warnanya


Hampir sebagian besar orang selalu bertanya apakah parquet dinding ini boleh dicat? Karena trend untuk memakai kayu parket di dinding sepertinya sedang booming baru-baru ini. Selain mampu memberikan kesan yang mewah dan elegan, parquet di dinding mampu membuat ruangannya terlihat lebih bersih. Itulah sebabnya hunian dengan parquet pasti terasa asri.

Tidak hanya asri saja, namun hunian yang memanfaatkan parquet pasti terlihat alami. Apalagi saat ini motif parquet yang tersedia ada banyak sehingga Anda bisa memasangnya di dinding rumah dengan bebas. Supaya hunian rumah terlihat lebih cantik. Karena beberapa motif itu bisa disesuaikan dengan selera pemilik rumah.
parquet dinding

Bagaimanapun juga mempunyai rumah yang indah, nyaman, dan elegan itu impian setiap orang di seluruh dunia. Terlebih saat ini ada banyak cara yang dapat menjadikan rumah terasa lebih nyaman dan indah dengan parquet dinding. Meskipun semuanya itu tidak selalu cocok untuk setiap orang karena terganjal masalah biaya yang mahal.

Maka dari itu jika Anda merasa terlalu mahal untuk membuat rumah menjadi lebih nyaman dan indah, solusinya adalah menggunakan kayu parquet. Karena parquet yang diterapkan di dinding akan membuat rumah terlihat lebih indah, alami, nyaman, dan serasi. Itu karena kayu mampu mengubah rumah yang umumnya terlihat biasa saja menjadi natural.

Bolehkah Parquet Dinding Dicat?

Ini adalah salah satu pertanyaan yang sering ditanyakan orang-orang. Karena parquet sendiri dari awal sudah bisa menghasilkan kesan yang natural. Lalu bagaimana bila dicat? Apakah parquet akan rusak? Sebenarnya rusak atau tidaknya parquet ini ketika melalui proses pengecatan tergantung dari bagaimana cara perawatannya.

Jika dari awal Anda merawatnya dengan baik, otomatis kayu parquet tidak akan rusak meskipun sudah melewati proses pengecatan. Pemakaian cat itu sendiri sebenarnya bila diaplikasikan dengan baik akan membuat dinding parquet menjadi tidak kusam warnanya dan lebih cemerlang. Namun tentu saja untuk mengaplikasikannya tidak langsung dicat dulu.

Hanya saja Anda harus melewati proses pernish dulu supaya parquetnya terlihat mengkilap seperti baru. Dengan memakai cat pernis ini akan membuat warna asli kayu parquet menjadi lebih terpancar di dinding rumah. Sehingga dekorasi rumah terlihat lebih mengkilap dan menawan. Itulah sebabnya mengecat parquet itu tidak masalah.

Tips Memilih Warna Parquet Dinding

Pengecatan dinding parquet itu harus disesuaikan dengan cat yang diinginkan pemilik rumah. Setidaknya Anda harus menyesuaikan warna cat dengan ruangannya. Karena bila pemilihan warna catnya tidak sesuai dengan konsep rumah bisa berakibat buruk. Yaitu nuansa rumah menjadi terlihat tidak alami dan hilang keindahannya dalam sekejap.

Tentunya Anda tidak ingin seperti itu, bukan? Pemilihan warna cat parquet dinding yang salah bisa membuat warnanya menjadi bertabrakan. Sehingga kesan yang dihasilkan menjadi berantakan. Akibatnya yang mulanya ingin membuat rumah terlihat alami dan asri namun tidak sesuai kenyataan. Maka tipsnya adalah pilih warna cat yang lembut dan alami.

Karena dengan menggunakan warna yang lembut akan membuat rumah semakin terpancar alaminya. Setidaknya warna ini akan menimbulkan efek asri dan menyegarkan pada sebuah rumah. Maka dari itu jangan pernah menggunakan warna yang terlalu mencolok.  Sehingga Anda bisa mendapatkan efek sejuk di dalam rumah.

Bagaimanapun juga sangat disayangkan bila Anda sudah memahami tips memilih warna untuk parquet, namun ternyata tidak diaplikasikan dengan baik. Sehingga parquet yang seharusnya menambah keelokan ruangan karena konsep alaminya, namun hasilnya tidak seperti itu. Maka dari itu pahami beberapa hal di atas agar pemanfaatan parquet dinding bisa lebih optimal.