Ini Dia Manfaat Menggunakan Lantai Kayu yang Jarang Diketahui

Lantai merupakan salah satu elemen penting dalam sebah hunian rumah. Ya, selain fungsinya sebagai tempat pijakan, penggunaan lantai juga tentunya dapat memperindah tampilan rumah. Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa ada bnayak sekali jenis-jenis lantai yang tersedia dipasaran.

Tentu saja masing-masing dari jenis lantai tersebut memiliki bentuk dan karakteristik yang berbeda-beda pula. Salah satunya adalah jenis lantai kayu atau yang biasa disebut dengan istilah parket (parquet). Menurut informasi yang didapat, lantai kayu memiliki beragam manfaat dan keunggulan yang tidak dimiliki oleh jenis lantai lainnya lho.

Lantas, seperti apa sajakah manfaat dari menggunakan lantai kayu? Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi mengenai manfaat menggunakan lantai kayu, mari kita simak saja langsung ulasannya dibawah ini. 

1. Menambah Nilai Estetika Pada Sebuah Hunian

penggunaan lantai kayu parket


Dilihat dari tampilan mentahnya saja, lantai kayu ini memang menyuguhkan motif dengan nuansa berestetika tinggi. Apalagi berpadu dengan warna khas kayu, sehingga semakin mempertegas kesan natural dan alami pada sebuah hunian.  

Dari sekian banyaknya jenis lantai kayu yang ada dipasaran, lantai kayu jati inilah yang paling banyak diburu oleh konsumen. Hal itu bukan tanpa alasan, mengingat kualitas lantai kayu jati memang yang terbaik ketimbang jenis lantai kayu lainnya. 

Tak hanya unggul dari segi kualitas, bahkan lantai kayu jati juga menyuguhkan motif yang begitu sedap dipandang lho. Lantai kayu jati itu sendiri terbagi lagi kedalam kelas berbeda, yakni grade A, grade B, dan grade C. 

2. Dapat Mensterilkan Udara

dapat mensterilkan udara


Inilah yang menjadi alasan, mengapa lantai kayu mulai banyak diminati oleh masyarakat. Ya, disamping dapat memperindah sebuah hunian, ternyata manfaat dari menggunakan lantai kayu juga dapat mensterilkan udara dalam ruangan.  

Berkat kemampuannya yang dapat mensterilkan udara dalam ruangan rumah, tentu saja si penghuninya akan terhindar dari berbagai masalah kesehatan, seperti darah tinggi, stress, dan depresi. 

3. Dapat Mengeluarkan Ion Negatif

contoh parket merbau


Manfaat yang satu ini bisa kita dapatkan pada jenis lantai kayu merbau, karena ia memang memiliki kemampuan yang dapat mengeluarkan ion negatif. Bahkan hal itu pun sudah dibuktikan oleh beberapa ahli kesehatan dunia, yang menyebutkan bahwa lantai kayu merbau berperan sebagai penyuplai ion negatif untuk dialirkan ke seluruh ruangan. 

4. Terhindar Dari Risiko Terpeleset

lantai kayu tidak licin


Tak seperti lantai keramik atau granit yang permukaannya keras terasa licin saat terkena air, sehingga dapat meningkatkan risiko terpeleset. Tentu saja risiko terpeleset ini juga berkaitan dengan keselamatan nyawa kita lho! Buktinya, tak sedikit kasus-kasus orang yang meninggal dunia karena terpeleset akibat licinnya permukaan lantai. 

Namun, masalah tersebut tidak akan berlaku bagi lantai kayu parket. Mengapa demikian? Pasalnya, permukaan pada lantai kayu parket ini terasa kesat sehingga tidak licin meski terkena air. Seandainya kamu terjatuh, kamu pun tidak akan terlalu merasa sakit karena tekstur lantai kayu ini cukup empuk. 

5. Dapat Menciptakan Suhu Hangat

lantai kayu dapat membuat nuansa hangat


Manfaat berikutnya dari menggunakan lantai kayu yang harus kalian ketahui, yakni dapat menciptakan suhu hangat. Ya, ketika musim penghujan tiba, biasanya suhu dalam ruangan pun akan terasa lebih dingin dan berlembap. 

Menurut informasi yang didapat, lantai kayu memiliki kandungan senyawa yang dapat menyerap panas untuk kemudian dihantarkan ke dalam ruangan. Alhasil, suhu dalam ruangan rumahmu akan tetap terasa hangat meski di tengah musim dingin.