Begini Cara Membuat Kamar Tidur Agar Lebih Sejuk dan Nyaman

 Tips Membuat Kamar Tidur Menjadi Sejuk dan Nyaman

Pastinya setiap orang ingin memiliki sebuah hunian yang nyaman untuk ditempati. Ya, terlebih untuk ruang kamar tidur, yang memang menjadi salah satu ruangan paling penting. Itu sebabnya, banyak orang yang rela melakukan berbagai cara untuk mendapatkan kenyamanan di kamar tidurnya.

Mulai dari penggunaan property berbahan kayu, wallpaper, cat, penataan furniture, dan lain sebagainya. Namun, suhu juga ternyata memiliki pengaruh besar terhadap tingkat kenyamanan di dalam kamar tidur.

Seperti yang sudah kita ketahui, suhu panas dapat mengganggu kualitas tidur karena akan muncul rasa ketidaknyamanan. Hasilnya, tubuh pun akan bercucuran keringat dan terasa lengket sehingga kita menjadi sulit tidur.

Lalu, bagaimanakah cara membuat kamar tidur agar lebih sejuk dan nyaman? Nah, berikut dibawah ini ada beberapa tips yang bisa membuat kamar tidurmu terasa sejuk dan nyaman.

1. Menggunakan Property Berbahan Kayu

property berbahan kayu

Tips pertama yang bisa anda lakukan untuk membuat kamar tidur menjadi sejuk serta nyaman, yakni dengan menggunakan property berbahan kayu. Mengapa demikian? Pasalnya, property berbahan kayu ini memiliki kemampuan yang dapat menyerap panas lho.

Hasilnya, suhu didalam kamar tidur anda akan tetap terasa sejuk. Begitu pun sebaliknya ketika musim dingin tiba, maka property berbahan kayu tersebut dapat menciptakan suhu hangat. Bukan hanya itu, penggunaan property kayu ini juga pastinya akan mempertegas kesan mewah, elegan, natural, dan nyaman pada kamar tidur.

Adapun mengenai beragam property yang dimaksudkan adalah lantai kayu (parket), dinding kayu, dan plafon kayu (lambersering / lumber ceiling). Berikut beberapa contoh produk-property berbahan kayu yang direkomendasikan bagi anda :

Nah, untuk anda yang ingin memesan atau sekedar bertanya-tanya seputar produk property berbahan kayu, silahkan Chat Via WhatsApp

2. Memilih Perabotan yang Tepat

memilih perabotan yang tepat

Apakah luas kamar tidur anda tidak terlalu besar atau bahkan cenderung sempit? Jika iya, maka wajib bagi anda untuk memilih perabotan yang tepat. Dalam hal ini, disarankan bagi anda untuk menggunakan perabotan yang simple, dan hindarilah penggunaan perabotan yang bertekstur serta berpola.

Pasalnya, jenis perabotan tersebut akan memakan banyak kapasitas ruang yang tentunya dapat mempersempit space kamar tidur anda. Maka dari itu, pilihlah jenis-jenis perabotan yang simple dan minimalis.

3. Menggunakan Exhaust Fan

penggunaan exhaust fan

Pada dasarnya, penggunaan exhaust fan ini tidaklah terlalu popular dikalangan masyarakat kita. Dengan kata lain, penggunaan exhaust fan di kamar tidur hanya diminati oleh kalangan-kalangan tertentu saja. Exhaust fan itu sendiri berfungsi sebagai ventilasi udara, sehingga kamar tidurmu tidak akan terasa pengap dan panas.

Jika memang bugdetmu terbatas, sebaiknya pilihlah merk exhaust fan yang tidak terlalu terkenal dipasaran. Menurut informasi yang didapat, ternyata ada beberapa merk exhaust fan yang dibanderol dengan harga Rp 130 ribuan saja lho.

Selain exhaust fan, anda juga bisa menggunakan kipas angin yang ditempakan pada bagian jendela kamar di malam hari. Ya, hal tersebut bertujuan agar sirkulasi didalam ruangan menjadi lebih lancar, serta dapat membantu pergerakan udara ketika tidak ada angin.

4. Gunakan Lampu yang Memiliki Watt Kecil

penggunaan lampu watt kecil

Perlu anda ketahui, bahwa penggunaan lampu yang terlalu banyak itu justru akan membuat kamar tampak terasa lebih panas. Oleh karena itu, ada baiknya jika anda mematikan lampu di siang hari. Atau, anda juga bisa menggunakan lampu yang watt-nya lebih kecil untuk pencahayaan di malam hari.

Selain akan membuat kamar mejadi tidak pengap dan panas, tentu saja penggunaan lampu dengan watt yang kecil ini akan membuat tagihan listrik anda menjadi lebih hemat lagi bukan?

5. Mengatur Posisi Kipas Angin

mengatur posisi kipas angin

Memang tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa kipas angin merupakan salah satu solusi paling tepat untuk mensiasati harga AC yang cenderung mahal. Meski harganya lebih murah dari AC, namun kipas angin juga sudah terbukti cukup efektif untuk membuat kamar tidur menjadi sejuk.

Akan tetapi, penempatan kipas ini tidak boleh sembarangan. Sebab jika penempatan kipas anginnya salah, justru hal itu akan membuat kamar tidur anda menjadi terasa panas lho! Maka dari itu, posisikan kipas angin tersebut menghadap ke dinding yang berlawanan dengan tempat tidur.

6. Merubah Warna Cat Dinding Kamar

merubah warna cat dinding

Tips berikutnya yang bisa anda lakukan untuk membuat kamar tidur menjadi sejuk dan nyaman, yakni degan merubah warna catnya. Terdapat beberapa jenis warna cat yang dapat menciptakan sensasi sejuk, seperti biru muda, tosca, hijau muda, putih, biru muda, dan lain sebagainya.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk membuat kamar tidur menjadi lebih sejuk dan nyaman, sehingga bisa dijadikan sebagai bahan referensi. Bagaimana, apakah anda tertarik untuk mencoba ide-ide diatas tadi?