Begini Cara Ampuh Untuk Mengusir Kelabang di Langit-langit Kamar

Selain membuat kita geli, kehadiran seekor kelabang di rumah juga kerap menggigit atau terkena racunnya yang cukup menyakitkan. Umumnya hewan yang satu ini sering kita temui di area-area kotor atau berantakan.

Namun, tak jarang juga kehadiran kelabang muncul di area langit-langit rumah. Lantas, bagaimana cara mengusir kelabang dari langit-langit rumah? 

Nah, berikut di bawah ini ada beberapa cara yang dinilai ampuh untuk mengusir kelabang di langit-langit rumah. 

Tips Mengusir Kelabang di Area Langit-langit Rumah

1. Menggunakan Kapur Serangga

kapur serangga

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengusir kelabang di area langit-langit kamar, yakni dengan menggunakan kapur serangga. Ada banyak sekali merk kapur serangga yang tersedia dipasaran, dimana harganya pun relatif terjangkau. 

Cara penggunaan kapur tersebut sangatlah mudah, yang mana kamu hanya tinggal mencoretkannya pada area langit-langit rumah yang sering dihinggapi oleh kelabang. Atau, kamu juga bisa mencoretkan pada area lainnya seperti lantai, dinding, pinttu, jendela, dan lain sebagainya. 

2. Menggunakan Kapur Barus

kapur barus

Tak hanya efektif untuk mencegah timbulnya jamur, ternyata kapur barus juga sudah terbukti ampuh untuk mengusir kelabang di langit-lanit rumah lho. Menariknya lagi, kandungan kimia pada kapur barus ini tergolong aman. 

Mengenai cara kerjanya, silahkan coretkan kapur barus tersebut pada area langit-langit kamarmu. Dengan demikian, maka si kelabang tersebut tidak akan berani lagi untuk hinggap di area langit-langit.

3. Menggunakan Irisan Cabai Rawit 


Tentunya kita semua sudah tidak asing lagi dengan istilah "kecil-kecil cabai rawit". Ya, dibalik ukurannya yang kecil, namun cabai rawit ini memiliki tingkat kepedasan yang begitu nendang. 

Selain bisa dijadikan untuk bahan bumbu masakan, cabai rawit pun bisa kamu manfaatkan untuk mengusir kelabang di area langit-langit rumah. Lantas, bagaimanakah cara menggunakannya?

Megenai cara penggunaannya, siapkan beberapa butir cabai rawit, kemudian iris tipis-tipis dan taburkan ke area langit-langit kamar yang sering dilalui oleh kelabang. Saat hendak menaburkan cabai rawit, sebaiknya gunakan sarung tangan dan pelindung mata.

Hal itu bukan tanpa alasan, sebab cabai rawit ini dapat menimbulkan efek panas pada kulit dan perih lho!

4. Menggunakan Merica Bubuk


Tips ampuh berikutnya yang bisa kamu coba untuk mengusir kelabang di area langit-langit kamar, yakni dengan menaburkan merica bubuk. Seperti halnya cabai rawit, yang mana merica ini juga dapat memberikan efek panas sehingga membuat si kelabang kapok. 

Mengingat bentuknya yang berupa serbuk, maka cara penggunaannya harus dicampur dengan air. Setelah tercampur air, masukkan kedalam botol sprai, kemudian semprotkan pada area langit-langit rumah yang memang menjadi sarang kelabang. 

Nah, seperti itulah beberapa cara paling ampuh yang bisa kamu lakukan dirumah untuk mengusir kelabang di area langit-langit. Bagaimana, tertarik untuk mencobanya?