Jual Lantai Kayu di Lembang Bandung

 Sekilas Tentang Lembang

jual lantai kayu di lembang

Lembang merupakan sebuah kecamatan yang berlokasi di Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Kecamatan Lembang berjarak sekitar 22 km dari ibu kota kabupaten Bandung Barat, sedangkan pusat pemerintahannya berada di Desa Lembang. 

Kecatamatan yang satu ini memang selalau menjadi tujuan utama bagi para wistawatan, entah itu yang dari Jawa Barat maupun luar Jawa Barat. Hal itu bukan tanpa alasan, mengingat Lembang memiliki destinasi wisata yang unik dan menarik. 

Tak hanya seputar keindahan alamnya saja, bahkan sebagian besar fasilitas interior dan eksterior tempat wisata di Lembang menggunakan material berbahan kayu. Alhasil, tempat wisata tersebut menghadirkan suasana yang lebih berbeda dari biasanya. 

Ngomong-ngomong soal material  kayu, secara kebetulan juga pada kesempatan kali ini akan membahas tentang jenis-jenis produk lantai kayu parket. 

Maka dari itu, simaklah baik-baik ulasannya di bawah ini. 

Lantai Kayu Solid Indoor

1. Parket Solid Jati

pemasangan lantai kayu jati
hasil pemasangan lantai kayu jati yang dikerjakan langsung oleh PT Rajawali Parquet Indonesia

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa kualitas kayu jati ini merupakan yang terbaik diantara jenis kayu lainnya. Kualitas kayu jati meliputi berbagai aspek, mulai dari tingkat kekuatan, tingkat kepadatan, tingkat keindahan pola serat dan warna.

Dengan demikian, maka tak heran juga jika harga lantai kayu jati lebih mahal dibanding parket kayu lainnya. Meski mahal, namun penggunaan lantai kayu jati ini akan memberikan tingkat kepuasan yang maksimal bagi si penghuninya lho. 

Namun perlu diingat, bahwa produk lantai kayu jati terbagi lagi kedalam kelas yang berbeda yaitu grade A, grade B, dan grade C. Tentu saja masing-masing kualitas dan harga yang ditawarkan pada setiap kelas parket jati tersebut akan berbeda pula. 

  • Spesifikasi Parket Jati Grade A

Parket jati grade A tampil dengan warna cokelat tua yang memiliki kandungan minyak pelumas yang berfungsi untuk melindunginya dari serangan rayap, sehingga tingkat keawetannya tetap terjaga dengan baik. Dari sergi harga, parket jati grade A ini memang lebih mahal ketimbang grade B dan C. 

  • Spesifikasi Parket Jati Grade B

Tampilan parket jati grade B cenderung cokelat cerah, yang mana kandungan minyak pelumasnya tidaklah sebanyak parket jati grade A. Untuk tingkat kualitasnya, parket jati grade B termasuk kategori standar dengan pola serat yang tidak beraturan.  

  • Spesifikasi Parket Jati Grade C

Kualitas pada Parket jati grade C termasuk kedalam kategori standar, karena tingkat kekuatan dan kepadatannya tidaklah sebagus grade A dan grade B. Tak hanya itu, jati grade C juga sama sekali tidak memiliki kandungan minyak pelumas.

2. Parket Solid Merbau

parket merbau

Untuk kalian yang budgetnya tidak bisa menjangkau harga parket solid jati, maka parket merbau ini merupakan alternatif terbaiknya. Sebab, harga parket solid merbau dengan parket jati yang grade C saja masih lebih murah merbau lho. 

Meski murah, bukan berarti juga kualitas parket solid merbau ini murahan! Mengenai kualitasnya, kayu merbau memiliki tingkat kekerasan dan keawetan kayu merbau ini termasuk kedalam kelas I dan II. Tak cuma itu, parket solid merbau juga sudah terbukti tahan terhadap serangan rayap dan perubahan cuaca.

Dilihat dari segi fisiknya, kayu merbau tampil dengan warna merah kecoklatan yang berpola serat lurus. Hasilnya, penggunaan lantai kayu solid merbau ini akan menonjolkan kesan yang lebih natural, elegan, hangat, dan nyaman pada sebuah hunian.

Lantai Kayu Outdoor (Wood Decking)

1. Decking Kayu Keruing

decking keruing

Sebenarnya produk wood decking ini juga masih bagian dari produk lantai kayu parket. Namun, yang membedakannya itu terdapat pada cara penempatan. Ya, apabila lantai kayu parket diterapkan di dalam luar ruangan, maka wood decking akan dipasang di area luar ruangan. 

Kayu keruing pun menjadi salah satu jenis kayu yang kerap dijadikan bahan baku untuk produk wood decking, karena karakternya yang memang tahan terhadap perubahan cuaca dan serangan rayap.

Penempatan decking kayu keruing ini biasanya dilakukan di area terbuka, seperti halaman, taman, rooftop, pinggiran kolam renang, dan lain sebagainya.

2. Decking Kayu Ulin

decking ulin

Kebanyakan kayu ulin yang berkualitas tinggi berasal dari daerah Kalimantan, yang kerap disebut dengan istilah "kayu besi". Hal itu bukan tanpa alasan, mengingat tekstur kayu ulin yang begitu padat dan sekeras besi. 

Dengan teksturnya yang sekeras besi, tentu saja decking kayu ulin tahan terhadap serangan rayap dan perubahan cuacca. Bahkan yang lebih hebatnya lagi, tingkat penyusutan dan pemuaian pada decking kayu ulin ini terbilang minim lho. 

Belum lagi dengan tampilan warna dan pola serat kayunya yang begitu indah, sehingga penggunaan decking kayu ulin dapat meningkatkan nilai estetika pada sebuah hunian. 

Catatan Penting : Sekuat-kuatnya material kayu, tetap saja ia membutuhkan perawatan khusus untuk meminimalisir dari berbagai permasalahan. 

Nah, itulah beberapa produk lantai kayu yang bisa kamu dapatkan di PT Rajawali Parquet Indonesia, di area Lembang dan sekitarnya.