Benarkah Warna Cat Kamar Tidur Dapat Mempengaruhi Kualitas Tidur?

warna cat terbaik untuk kamar tidur

Ternyata Penggunaan Warna Cat Kamar Bisa Mempengaruhi Kualitas Tidur

Bisa dipastikan bahwa setiap rumah sudah memiliki sebuah ruangan yang bernama kamar tidur. Ya, terang saja demikian, sebab kamar tidur merupakan salah satu ruangan yang kita gunakan untuk mengistirahatkan tubuh secara total.

Mengingat akan hal itu, tentu saja kondisi kamar tidur harus dibuat senyaman mungkin, mulai dari tingkat kebersihan & kerapihan, penataan furniture, penggunaan kasur yang empuk, tidak pengap, tidak bau, dan lain sebagainya.

Namun yang menjadi pertanyaannya, apakah warna cat dikamar tidur juga dapat mempengaruhi kualitas tidur?

Berdasarkan dari hasil penelitian, yang menyebutkan bahwa ada beberapa jenis warna cat dinding kamar yang ternyata dapat mempengaruhi kualitas tidur lho. Nah, biar kalian gak penasaran, mending kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

Warna Cat Terbaik Untuk Dinding Kamar Tidur

1. Cat Warna Biru

warna cat biru untuk kamar tidur

Warna cat pertama yang diklaim dapat memperbaiki kualias tidur, yakni cat berwarna biru. Menurut informasi yang didapat, seseorang yang dinding kamar tidurnya menggunakan cat warna biru bisa tidur dengan durasi 7 jam 52 menit per malamnya.

Bahkan beberapa penelitian juga telah membuktikan, bahwa warna biru dapat merangsang reseptor khusus (sel ganglion) yang ada di bagian retina mata kita. Hasilnya, cat dinding kamar yang berwarna biru tersebut akan membuat mata lebih tenang dan tubuh menjadi rileks.

2. Cat Warna Kuning

warna cat kuning untuk kamar tidur

Selain warna biru, penggunaan cat dinding kamar berwarna kuning juga memiliki pengaruh yang cukup besar terhadap kualitas tidur. Menariknya lagi, ternyata cat berwarna kuning ini jauh lebih baik ketimbang warna biru lho.

Hal itu bukan tanpa alasan, karena penggunaan cat warna kuning pada dinding kamar bisa merangsang system saraf untuk mendapatkan sensasi ketenangan, nyaman, dan hangat.

3. Cat Warna Hijau

warna cat hijau untuk kamar tidur

Memang tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa cat yang berwarna hijau ini selalu identik dengan nuansa berbau alam. Tentu saja penggunaan cat warna hijau pada dinding kamar akan menyuguhkan perpaduan nuansa natural, sejuk, nyaman, dan menyegarkan.

Hal tersebut juga dibenarkan oleh beberapa peneliti terkemuka dunia, yang mengatakan bahwa penggunaan cat dinding berwarna hijau bisa membuat seseorang tidur dengan durasi 7 jam 36 menit per malamnya.

Jenis Warna yang Tidak Cocok Untuk Kamar Tidur

Setelah mengetahui jenis-jenis cat terbaik untuk dinding kamar tidur, ternyata ada juga beberapa jenis warna cat yang bisa memperburuk kualitas tidur lho. Adapun mengenai beberapa jenis warna cat yang tidak cocok diaplikasikan pada kamar tidur seperti berikut :

1. Cat Warna Ungu

warna cat ungu tidak bagus untuk kamar tidur

Jenis warna cat pertama yang tidak cocok untuk dinding kamar tidur, yaitu adalah warna ungu. Ya, meski warna ungu ini dapat mempertegas kesan mewah dan elegan pada kamar, namun ia dinilai kurang cocok. Pasalnya, orang yang dinding kamarnya menggunakan cat warna ungu hanya bisa tidur denan durasi sekitar 5 jam 56 menit saja.

Menurut kabar yang beredar, dinding kamar yang berwarna ungu cenderung lebih merangsang kreativitas dan bukan relaksasi. Maka dari itu, jenis warna cat ungu ini tidak direkomendasikan untuk kamar tidur.

2. Cat Warna Cokelat

warna cat cokelat tidak bagus untuk kamar tidur

Pada dasarnya penggunaan warna cat cokelat ini dapat menghadirkan nuansa yang lebih hangat dan akrab. Akan tetapi, justru penggunaan warna cat cokelat di kamar tidur dapat mengurangi kualitas tidurmu. Mengapa bisa demikian?

Pasalnya, cat yang berwarna cokelat terebut terkesan suram dan tertekan sehingga akan membuat kamu gelisah saat hendak tidur.

3. Cat Warna Abu-abu

warna cat abu-abu tidak bagus untuk kamar tidur

Jenis warna cat berikutnya yang tidak direkomendasikan untuk kamar tidur, yaitu warna abu-abu.  Warna cat yang satu ini terkesan membosankan dan kaku, sehingga dapat mengurangi kualitas tidur.

Hal itu terbukti, dimana seseorang yang dinding kamar tidurnya menggunakan cat warna abu-abu hanya bisa tidur dalam waktu 6 jam 12 menit saja. Bukan hanya itu, bahwa warna cat abu-abu ini akan membut kita merasa terisolasi dan tidak nyaman lho!

Seperti itulah beberapa jenis warna cat dinding yang tidak cocok untuk kamar tidur.