Deretan Jenis Lantai Kayu yang Paling Bagus

Deretan Jenis Lantai Kayu yang Paling Bagus

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa kayu merupakan salah satu material penting yang tidak bisa dipisahkan dari sebuah bangunan. Ya, terang saja demikian, sebab material kayu memiliki sifat yang multifungsi sehingga dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan konstruksi maupun property. 

Salah satunya yang berupa lantai kayu, atau juga yang sering disebut dengan istilah parket. Hal itu bukan tanpa alasan, mengingat penggunaan lantai kayu memang menghadirkan nilai estetika yang lebih tinggi. Dengan menggunakan lantai kayu, maka tampilan rumah kita akan tampak lebih mewah, elegan, artistik, dan natural. 

Baca Juga : Inilah Bahaya yang Mengintai Akibat Lantai Kolam Licin

Bukan hanya itu, bahkan lantai kayu juga memiliki kemampuan yang dapat menciptakan suhu hangat dalam ruangan. Lebih hebatnya lagi, ternyata penggunaan lantai kayu pun memiliki berbagai dampak bagus untuk kesehatan tubuh lho.

Namun, sebagus apapun kualitas material kayu, tetap saja ia membutuhkan perawatan yang khusus agar terhindar dari berbagai permasalahan, seperti keropos, berjamur, menyusut, memuai, dan lain sebagainya.

Apabila tidak diberi perawatan yang benar dan tepat, maka jangan harga lantai kayu tersebut bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama. Dari segi penempatan, maka lantai kayu akan dibedakan lagi kedalam dua tipe berbeda, yakni lantai kayu indoor dan lantai kayu outdoor (decking).

Nah, untuk mempersingkat waktu, mending kita langsung saja ke pembahasan intinya mengenai jenis-jenis lantai kayu terbaik. Maka dari itu, simaklah baik-baik ulasannya di bawah ini.

Jenis-jenis Lantai Kayu Indoor Terbaik

Lantai kayu indoor biasanya akan diaplikasikan pada ruangan-ruangan tertentu, seperti kamar tidur, ruang tamu, dan ruang tengah. Adapun mengenai jenis-jenis produk lantai kayu yang direkomendasikan seperti berikut :

1. Lantai Kayu Jati

lantai kayu jati

Di urutan pertama ada lantai kayu parket yang berbahan kayu jati, yang kualitasnya memang paling bagus dibandingkan dengan jenis lantai kayu lainnya. Kualitas parket jati itu sendiri meliputi dari segi kekuatan, keawetan, keindahan serat dan warna. 

Akan tetapi, tidak semua produk lantai kayu jati menawarkan kualitas dan harga yang sama. Mengapa demikian? Pasalnya, produk lantai kayu jati ini akan dibedakan lagi berdasarkan kelasnya, yakni grade A, grade B, dan grade C. 

Spesifikasi Parket Jati Grade A

Parket jati grade A tampil dengan warna cokelat tua yang memiliki kandungan minyak pelumas. Funsgi minyak pelumas tersebut untuk melindunginya dari serangan rayap, sehingga tingkat keawetannya tetap terjaga dengan baik. 

Menariknya lagi, jati grade A memiliki pola serat yang beraturan sehingga membuatnya begitu indah untuk dilihat Mengingat akan hal itu, maka tak heran juga jika parket jati grade A lebih mahal dibandingkan dengan jati grade B dan C. 

Spesifikasi Parket Jati Grade B

Warna pada parket jati grade B ini cenderung cokelat cerah, dimana kandungan minyak pelumasnya tidaklah sebanyak parket jati grade A. Untuk tingkat kualitasnya, parket jati grade B termasuk kategori standar dengan pola serat yang tidak beraturan.  

Spesifikasi Parket Jati Grade C

Kualitas pada Parket jati grade C termasuk kedalam kategori standar, karena tingkat kekuatan dan kepadatannya tidaklah sebagus grade A dan grade B. Tak hanya itu, jati grade C juga sama sekali tidak memiliki kandungan minyak pelumas.

Itu artinya, harga parket jati grade C ini lebih murah dibanding grade A dan B. Meski demikian, parket grade C dinilai masih lebih baik ketimbang jenis lantai kayu lainnya. 

2. Lantai Kayu Merbau

lantai kayu merbau

Apabila isi dompetmu tidak mampu menjangkau harga lantai kayu jati, maka lantai kayu merbau ini merupakan pilihan paling tepat. Meski harganya lebih murah, namun tingkat keawetan kayu merbau ini tidak kalah dengan kayu jati lho.

Baca Juga : Benarkah Warna Cat Kamar Bisa Mempengaruhi Kualitas Tidur?

Hal itu terbukti, yang mana lantai kayu merbau sudah terbukti tahan terhadap perubahan cuaca dan serangan rayap. Terlebih jika diberi perawatan yang tepat, yang mana parket solid merbau dapat bertahan hingga puluhan tahun. 

Parket solid merbau tampil dengan warna merah kecoklatan yang berpadu dengan pola serat lurus, sehingga akan menambahkan nilai artistik dan estetika pada sebuah hunian. 

3. Lantai Kayu Sonokeling

lantai kayu sonokeling

Untuk mendapatkan nuansa unik dan eksotik, maka kamu harus menggunakan jenis lantai kayu yang satu ini. Pasalnya, lantai kayu sonokeling ini tampil dengan perpaduan warna hitam dan cokelat, sehingga sangat berbeda dengan jenis lantai kayu pada umumnya.

Selain unggul dari segi tampilan, lantai kayu sonokeling juga sudah terbukti kuat sehingga dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Jenis Lantai Kayu Outdoor Terbaik

Sesuai dengan namanya, yang mana lantai kayu outdoor alias decking ini memang untuk diaplikasikan di area luar ruangan. Ya, seperti taman, halaman, balkon, rooftop, hingga pinggiran kolam renang. Bukan hanya itu, bahkan produk decking juga bisa digunakan untuk pagar rumah lho.

1. Decking Kayu Bengkirai

decking bengkirai

Deking kayu bengkirai tampil dengan warna kuning kecoklatan, serta memiliki tingkat kekerasan yang begitu baik. Decking bengkirai tersedia kedalam dua tipe berbeda, yakni decking bengkirai alur dan decking bengkirai polos.

2. Decing kayu Keruing

decking keruing

Selain decking bengkirai, decking keruing juga tidak kalah berkualitasnya sehingga sayang untuk kamu lewatkan. Namun, dari segi bobot dan tingkat kekerasannya, decking kayu keruing ini memang masih berada di bawah decking kayu bengkirai.

3. Decking Kayu Ulin

decking ulin

Jenis lantai kayu outdoor terbaik berikutnya yang akan dibahas, yakni decking kayu ulin. Jenis kayu yang satu ini memiliki tekstur yang sangat keras, sehingga kerap dijuluki dengan nama “kayu besi“.

Nah, itulah jenis-jenis lantai kayu paling bagu dan berkualitas, sehingga bisa kamu jadikan sebagai bahan referensi.