Tips Memilih Motif Lantai Kayu yang Tepat Untuk Hunian

 

Tips Memilih Motif Lantai Kayu yang Tepat Untuk Hunian

Saat hendak membangun atau merenovasi sebuah hunian, tentu saja ada banyak hal yang harus kita pertimbangkan. Ya, salah satunya adalah lantai, yang mana ia merupakan elemen paling penting dalam meningkatkan kenyamanan.

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa ada banyak sekali jenis material lantai yang tersedia dipasaran. Namun, sebagian besar hunian di Indonesia cenderung menggunakan lantai keramik ketimbang jenis material lantai lainnya.

Akan tetapi, lambat laun mereka mulai bosan dengan desain keramik yang begitu-begitu saja. Alhasil, mereka pun ingin menggunakan material lantai lain agar tampil berbeda dari biasanya. Seperti halnya lantai kayu, yang memang dapat menyuguhkan nuansa baru pada sebuah hunian.

Meski harga lantai kayu dipasaran cendeung mahal, namun hal itu sangat sebanding dengan tingkat kepuasan dan kenyamanan yang akan didapat.

Nah, secara kebetulan juga pada kesempatan kali ini akan membahas seputar cara memilih motif lantai kayu yang tepat untuk hunian. Maka dari itu, simaklah baik-baik ulasan di bawah ini.

Hal-hal yang Harus Diperhatikan Dalam Memilih Lantai Kayu

1. Pahami Dulu Jenis-jenis Lantai Kayu Parket

Hal pertama yang harus kamu ketahui dalam memilih lantai kayu parket, yakni memahami dulu jenis-jenisnya. Pasalnya, produk lantai kayu itu sendiri terdiri dari banyak jenis. Jika dinilai dari segi penempatannya, maka produk lantai kayu akan dibagi menjadi dua tipe, yakni lantai kayu indoor dan lantai kayu outdoor.

Baca Juga : Ini Dia Manfaat Menggunakan Lantai Kayu yang Jarang Diketahui

Meski tampak sama, namun kedua tipe lantai kayu parket tersebut memiliki perbedaan yang cukup menonjol lho. Umumnya produk lantai kayu indoor tampil dengan bentuk lempengan-lempengan papan kayu, sedangkan bentuk lantai kayu outdoor tampak lebih tebal dan memanjang.

Apabila dinilai dari bahan dasarnya, maka produk lantai kayu akan dibedakan kedalam 3 tipe berbeda, yakni lantai kayu solid, lantai kayu laminated, dan lantai kayu engineering.

2. Pilihlah Jenis Lantai Kayu yang Berkualitas

Perlu kalian ketahui, bahwa tidak semua jenis kayu itu dapat dijadikan bahan baku pembuatan parket. Pasalnya, krieteria kayu yang harus dipenuhi dalam pembuatan parket akan dinilai dari tingkat kekerasan, tingkat kekuatan, dan tingkat keawetannya yang baik.

Bukan hanya itu, jenis kayu yang akan digunakan pada produk parket juga harus tahan terhadap perubahan cuaca, anti jamur, dan tahan terhadap serangan rayap. Lantas, jenis kayu apa sajakah yang cocok untuk produk lantai kayu parket?

Adapun mengenai jenis-jenis kayu yang telah memenuhi kriteria tersebut diantaranya adalah :

  • Kayu Jati
  • Kayu Merbau
  • Kayu Ulin
  • Kayu Bengkirai
  • Kayu Keruing
  • Kayu Sonokeling
  • Kayu Sungkai
  • Kayu Kumea
  • Kayu Rengas

3. Memilih Lantai Kayu Sesuai Kebutuhan

Sejatinya setiap ruangan yang ada didalam rumah memiliki fungsi berbeda-beda. Maka dari itu, lantai kayu yang kamu pilih harus sesuai dengan fungsi ruangan itu sendiri. Nah, berikut contohnya seperti di bawah ini :

Untuk Kamar Tidur

Pada kamar tidur, sangat disarankan bagi kamu untuk memilih lantai kayu merbau. Mengapa harus merbau? Pasalnya, lantai kayu merbau ini memiliki kemampuan yang dapat mengeluarkan ion negatif sehingga akan berdampak bagus untuk kesehatan.

Baca Juga : Penjual Lantai Kayu di Kota Palu

Bukan hanya itu, bahkan lantai kayu merbau dapat menciptakan suasana hangat sehingga kamar tidurmu akan tampak lebih nyaman. Belum lagi dengan tampilan lantai kayu merbau yang begitu indah.

Untuk Ruang Tamu

Sebenarnya lantai kayu merbau juga cocok diaplikasikan pada area ruang tamu. Namun jika ingin tampil lebih mewah dan berestetika tinggi, maka kamu harus menggunakan lantai kayu jati. 

Untuk Area Dapur

Memang tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa dapur merupakan salah satu ruangan di rumah yang selalu lembap. Maka dari itu, penggunaan lantai kayu sintetis untuk area dapur lebih tepat ketimbang lantai kayu solid. 

Mengapa demikian? Pasalnya, lantai sintetis alias lantai vinyl tersebut terbuat dari bahan PVC yang memang bersifat anti jamur. Bukan hanya itu, bahkan harga lantai vinyl lebih murah dibanding lantai kayu solid lho. 

Untuk Area Teras Atau Outdoor

Sedangkan untuk area luar ruangan alias outdoor, maka tipe lantai kayu yang harus digunakan adalah decking. Hal itu bukan tanpa alasan, mengingat produk decking memang dirancang untuk tahan terhadap perubahan cuaca. Adapun mengenai jenis-jenis decking kayu terbaik yang direkomendasikan seperti berikut :

  • Decking Bengkirai
  • Decking Keruing
  • Decking Ulin
  • Decking Kumea
  • Decking Kempas

4. Sesuaikan Dengan Budget yang Kamu Miliki


Selain harus meyesuaikan dengan kebutuhan ruangan, tentu saja pemilihan lantai kayu juga harus disesuaikan dengan kondisi dompet lho. Umumnya produk-produk lantai kayu yang berkualitas tinggi itu selalu dibanderol dengan harga mahal. 

Harga mahal pada produk lantai kayu akan dinilai dari beberapa faktor, seperti tingkat daya tahan, kekuatan, keawetan, pola serat, dan warnanya. Menurut informasi yang didapat, jenis lantai kayu solid jati adalah yang paling mahal. 

Tapi kalian tidak perlu khawatir, karena produk lantai kayu jati ini akan dibedakan lagi kedalam 3 kelas berbeda, yaitu grade A, B, dan C. Nah, jika ingin mendapatkan harga yang murah, maka kamu bisa memilih lantai kayu grade C. 

5. Berbelanja di Toko yang Memiliki Reputasi Bagus

Hal penting berikutnya yang jangan sampai kamu lewatkan dalam memilih lantai kayu yang tepat, yakni berbelanja di ktoko yang memang sudah berpengalaman. Ya, terang saja demikian, sebab lantai kayu merupakan produk yang tidak dijual dengan harga murah. 

Bisa dibilang lantai kayu itu merupakan produk unik, terlebih saat proses pemasangannya. Itu sebabnya, mengapa pemasangan lantai kayu tidak bisa dilakukan sembarangan, melainkan harus oleh yang benar-benar ahli dibidangnya. 

Oleh karena itu, tentunya sangat penting bagi kamu untuk berbelanja lantai kayu di toko yang sudah berpengalaman. Pasalnya, toko lantai kayu yang sudah berpengalaman pastinya sudah menyediakan jasa-jasa yang profesional juga. 

Berbicara soal toko lantai kayu yang memiliki reputasi bagus, PT Rajawali Parquet Indonesia pun hadir untuk melayani kebutuhan lantai kayu anda, baik secara online maupun offline. Tak hanya seputar produknya saja, tersedia juga jasa pemasangan lantai kayu yang sudah profesional dengan biaya yang bersahabat. 

Nah, seperti itulah beberapa tips dalam memilih latai kayu yang sesuai hunian, sehingga kamu tidak akan salah pilih lagi.